Rabu, 01 November 2017

Keajaiban dan Manfaat Sholat Hajat Bagi Yang Mengerjakan

Manfaat Sholat Hajat - Kembali lagi pada kesempatan sekarang ini saya akan mencoba membahas tentang manfaat sholat sunnah, adapun untuk sholat sunnah yang akan saya jelaskan manfaatnya adalah Manfaat Sholat Hajat. Sholat hajat ialah salah satu sholat sunnah yang dapat dikerjakan umat muslim ketika sedang memiliki sebuah hajat atau keinginan. Dan jumlah rakaat sholat hajat itu sendiri dapat dikerjakan dari 2 rakaat sampai dengan 12 rakaat, dengan sekali salam setiap 2 rakaat.

Sedangkan waktu sholat hajat itu sendiri dapat dikerjakan pada waktu kapan saja, terkecuali pada waktu - waktu yang diharamkan untuk sholat. Sehingga bagi anda yang sedang memiliki sebuah hajat atau keinginan, maka alangkah baiknya apabila anda mengerjakan sholat sunnah hajat. Karena hal tersebut sudah diterangkan dalam sebuah hadits yang mengatakan jika kalian memiliki hajat, maka sholatlah dua rakaat kemudian berdoa yang sedang menjadi hajat kalian.

Adapun untuk tata cara sholat hajat itu sendiri sama seperti tata cara sholat pada umumnya, dimana membaca niat sholat hajat terlebih dulu yaitu "Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala", kemudian dilanjutkan dengan takbiratul ihram dan seterusnya sampai duduk tahiyat akhir dan salam. Dengan bacaan surat yang disunnahkan pada saat mengerjakan sholat hajat adalah Ayat Kursi dan Surat Al Ikhlas pada setiap rakaatnya.

Sedangkan bagi anda yang sekarang ini mungkin masih belum mengetahui apa saja manfaat sholat hajat yang bisa didapatkan, maka alangkah baiknya jika anda melihat terlebih dulu pembahasan akan hal keajaiban sholat hajat yang pada kesempatan ini akan coba saya berikan. Barang kali saja setelah anda melihat pembahasan tentang keajaiban sholat hajat yang saya berikan untuk hari ini, anda akan mulai mengerjakan sholat sunnah hajat tersebut.

Karena sama seperti dengan sholat - sholat sunnah lainnya yang telah diperintahkan oleh Allah SWT, sholat hajat juga banyak memiliki manfaat dan sudah terdapat pula beberapa keajaiban sholat hajat yang didapatkan bagi mereka yang mengerjakan. Untuk anda yang sekiranya ingin mengetahui dengan lengkap apa saja manfaat sholat hajat bagi mereka yang mengerjakan, maka silahkan bagi anda untuk langsung melihat pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Manfaat Sholat Hajat

Keajaiban dan Manfaat Sholat Hajat


Sabda Rasulullah SAW yang artinya :"Barangsiapa yg berwudhu dan sempurna wudhunya, lalu sholat dua rakaat (Sholat Hajat) dan sempurna rakaatnya. Maka Allah SWT berikan apa yg dia pinta cepat atau lambat." (HR. Ahmad)

Hadits riwayat yang artinya :"Barangsiapa yg mempunyai kebutuhan atau hajat kepada Allah atau salah seorang manusia dari anak cucu adam, maka wudhulah dgn sebaik - baiknya wudhu. Kemudian sholat dua rakaat (Sholat Hajat), kemudian memuji kepada Allah, mengucapkan Shalawat kepada Nabi, setelah itu, mengucapkan :"Laa illah illallohul haliimul kariimu, subhaana...." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Adapula sebuah riwayat dari Abu Sirah an-Nakh'iy, dia mengatakan :"Seorang laki - laki menempuh perjalanan dari Yaman. Ditengah perjalanan keledainya mati, kemudian dia mengambil wudhu dan sholat dua rakaat (Sholat Hajat). Setelah itu dia berdoa :"Ya Allah, sesungguhnya saya datang dari negeri yg sangat jauh guna berjuang dijalan-Mu dan mencari ridha-Mu. Saya bersaksi bahwasannya Engkau menghidupkan makhluk yg mati dan membangkitkan manusia dari kuburnya, jangalah Engkau jadikan asya berhutang budi terhadap seseorang pada hari ini. Pada hari ini saya memohon kpd Engkau supaya membangkitkan keledai yg telah mati ini." Maka, seketika keledai itu bangun, lalu mengibaskan kedua telinganya." (HR. Baigaqi, dia mengatakan sanad cerita ini shahih)

Ada seseorang yang buta matanya menemui Rasulullah SAW, kemudian dia mengatakan :"Sesungguhnya saya mendapatkan musibah pada mata saya, maka berdoalah kpd Allah (untuk) kesembuhanku." Rasulullah SAW bersabda :"Pergilah, kemudian berwudhu dan sholatlah dua rakaat (Sholat Hajat). Setelah itu, berdoalah...." Dalam waktu yg singkat, laki - laki itu terlihat kembali seperti dia tidak pernah buta matanya." Kemudian Rasulullah SAW bersabda :"Jika kamu memiliki hajat (kebutuhan), maka lakukanlah seperti itu (Sholat Hajat). (HR. Tirmidzi)

Demikian itu sedikit penjelasan mengenai Manfaat Sholat Hajat Bagi Yang Mengerjakan yang sekiranya untuk hari ini dapat saya berikan kepada anda untuk sekarang ini, semoga saja sedikit pembahasan tentang manfaat sholat hajat yang baru saja saya berikan diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat bagi anda - anda semuanya. Dan bagi anda yang mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya yang berhubungan dengan sholat sunnah.

Mungkin ada diantara anda yang ingin juga mengetahui Tata Cara Sholat Dhuha dan Bacaannya yang beberapa waktu lalu baru saja saya bahas juga untuk anda, apabila memang anda merasa ingin mengetahuinya, maka silahkan bagi anda untuk langsung saja melihat pembahasan yang sudah pernah saya berikan sebelumnya tersebut. Adapun untuk anda yang mungkin merasa sudah mengetahui pembahasan tersebut.

Maka anda masih bisa kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya berikan pula sebelumnya, mungkin saja salah satu diantara pembahasan - pembahasan yang sudah pernah saya berikan sebelumnya itu akan ada yang sesuai dengan pembahasan yang memang sedang dicari - cari oleh anda. Atau mungkin juga anda bisa mencoba menunggu update pembahasan terbaru yang akan coba terus saya sajikan untuk setiap harinya.

0 komentar:

Posting Komentar