Rabu, 25 Oktober 2017

Batas Waktu Sholat Tahajud Yang Benar dan Utama

Batas Waktu Sholat Tahajud - Kembali lagi pada kesempatan ini saya akan memberikan penjelasan mengenai salah satu sholat sunnah tahajud, dimana untuk penjelasan tentang sholat sunnah tahajud yang akan coba saya berikan untuk hari ini adalah Batas Waktu Sholat Tahajud. Seperti yang anda ketahui jika sholat tahajud sama dengan sholat malam, sudah pasti sholat sunnah ini dikerjakan pada waktu malam hari.

Dalam pengerjaannya pun pastinya terdapat waktu sholat tahajud, sama seperti waktu sholat fardhu yang telah ditentukan. Begitu pula dengan sholat malam tahajud pun sudah ditentukan waktunya. Namun sebelum saya membahas mengenai batas waktu sholat tahajud, saya ingin sedikit mengingatkan kembali pengertian sholat tahajud. Dimana sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari sesudah terjaga dari tidur.

Sebagaimana telah diterangkan dalam Al Qur'an mengenai perintah sholat tahajud yang disurahkan untuk Nabi Muhammad SAW, Allah SWT berfirman yang artinya :"Dan pada sebagian malam hari, sembahyang tahajudlah kamu sebagaimana ibadah tambahan bagimu. Mudah - mudahan Tuham-mu mengangkat kamu ketempat yang terpuji." (QS. Al Isra ayat 79)

Selain itu juga telah diterangkan dalam sebuah hadits yang artinya :"Perintah Allah SWT turun ke langit dunia diwaktu tinggal sepertiga akhir dari waktu malam, kemudian berseru :"Adakah orang - orang yang memohon (Berdoa), pasti akan Kukabulkan, adalah orang - orang yang meminta, pasti akan Kuberikan, dan adakah orang - orang yang mengharap atau memohon ampun, pasti akan Kuampuni baginya. Sampai tiba waktu subuh." (Al Hadits)

Seperti yang sudah diterangkan diatas, apabila waktu sholat tahajud paling utama ialah pada waktu sepertiga malam terakhir. Namun pukul berapakah waktu seperti malam terakhir itu. Untuk anda yang mungkin sekiranya merasa ingin mengetahui dengan lengkap berapa batas waktu sholat tahajud yang benar itu sendiri, maka silahkan bagi anda untuk langsung saja melihat penjelasan mengenai batas waktu sholat tahajud itu sendiri dengan lengkap dibawah ini.

Batas Waktu Sholat Tahajud

Batas Waktu Sholat Tahajud Yang Benar


Waktu sholat tahajud itu sendiri sebenarnya dapat dikerjakan pada waktu seperti malam, sedangkan untuk waktu sepertiga malam itu sendiri terbagi menjadi tiga bagian. Dimana waktu sepertiga malam pertama, waktu seperti malam kedua, dan waktu seperti malam terakhir atau ketiga. Dan waktu sholat tahajud paling utama ialah terdapat pada waktu sepertiga malam akhir. Sedangkan untuk pembagian waktu sepertiga malam itu sendiri adalah sebagai berikut.

Waktu sepertiga malam pertama itu dimulai dari pukul 19.30 sampai dengan pukul 10.30, sehingga bagi anda yang ingin mengerjakan sholat sunnah tahajud lebih awal bisa mengerjakannya. Dengan catatan anda sudah tertidur terlebih dulu, walupun itu hanya sebentar. Karena memang itu merupakan salah satu syarat sah sholat tahajud. Sedangkan untuk waktu sepertiga malam kedua dimulai pukul 10.30 sampai dengan pukul 01.30.

Sedangkan untuk waktu sepertiga malam akhir yang menjadi waktu paling utama sholat tahajud dimulai dari pukul 01.30 sampai dengan pukul 03.30, sehingga untuk anda yang ingin mengerjakan sholat tahajud pada waktu sepertiga akhir. Anda dapat mengerjakannya mulai dari pukul 01.30 sampai dengan pukul 03.30 atau menjang adzan subuh sebagai yang telah dijelaskan dalam Al Hadits yang mengatakan sampai tiba waktu subuh pada bagian akhir.

Dengan ini selesai sudah untuk pembahasan mengenai Batas Waktu Sholat Tahajud Yang Benar dan Utama yang sekiranya saya dapat berikan untuk anda, mudah - mudahan saja dari sedikit penjelasan mengenai batas waktu sholat tahajud yang baru saja saya berikan diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat bagi anda. Adapun untuk anda yang mungkin merasa masih ingin mengetahui kembali beberapa pembahasan yang lainnya lagi.

Mungkin anda akan tertarik untuk melihat kembali pembahasan tentang Bacaan Niat Sholat Dhuha yang beberapa waktu lalu baru saja saya berikan, barangkali saja ada diantara anda yang sedang mencari-cari bacaan doa niat sholat dhuha. Oleh sebab itu tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba kembali melihat pembahasan yang sudah pernah saya coba berikan kepada anda - anda sekalian semuanya itu sebelumya.

Sedangkan untuk anda yang seiranya mungkin merasa akan sudah mengetahui pembahasan tersebut, maka anda masih bisa kembali melihat-lihat beberapa pembahasan yang lainnya lagi dari saya. Mungkin saja salah satu diantara beberapa pembahasan yang sudah pernah saya berikan itu akan ada yang sesuai dengan pembahasan yang memang sedang dicari - cari oleh anda - anda sekalian selama ini.

0 komentar:

Posting Komentar