Selasa, 31 Oktober 2017

Tata Cara Sholat Dhuha dan Bacaannya Lengkap

Tata Cara Sholat Dhuha Dan Bacaannya - Pada kesempatan sekarang ini, saya ingin kembali mencoba memberikan pembahasan tentang sholat sunnah. Adapun untuk pembahasan tentang sholat sunnah yang akan coba saya berikan untuk sekarang ini adalah Tata Cara Sholat Dhuha dan Bacaannya. Anda - anda sekalian pastinya sudah mengetahui pengertian sholat dhuha itu sendiri, dimana pengertian sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada saat waktu dhuha.

Faedah atau manfaat sholat dhuha bagi orang-orang yang mengerjakannya ialah dapat dilapangkan dadanya dalam segala urusan, terutama untuk masalah rezeki. Karena tidak sedikit orang yang mengerjakan sholat dhuha karena permasalahan rezeki. Selain dapat melapangkan dada dalam hal rezeki, manfaat sholat dhuha juga sangat baik untuk kesehatan. Karena didalam setiap gerakan sholat itu sendiri banyak mengandung manfaat yang sangat baik bagi tubuh.

Selain itu, manfaat sholat dhuha yang lainnya adalah akan dibuatkan istana disurga sebagaimana hadits berikut :"Barangsiapa sholat dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah) Adapula sebuah hadits yang mengatakan :"Barangsiapa yang mengerjakan sholat dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih dilautan." (HR. Tirmidzi)

Nah, untuk anda yang sekiranya mungkin merasa ingin mengerjakan sholat sunnah duha, namun anda masih belum mengetahui bagaimana tata cara sholat dhuha itu sendiri. Maka alangkah baiknya apabila anda - anda sekalian ini melihat terlebih dulu pembahasan tentang tata cara sholat dhuha dan bacaannya yang hari ini akan coba saya berikan. Dengan anda melihat terlebih dahulu pembahasan tentang tata cara sholat dhuha dan bacaannya dari saya ini.

Maka bagi anda yang masih belum mengetahui apa saja bacaan dan bagaimana tata cara sholat duha itu sendiri akan dapat mengetahuinya dengan lengkap. Adapun bagi anda yang sudah merasa ingin segera mengetahui tata cara sholat dhuha dan bacaannya dengan lengkap, maka langsung saja bagi anda untuk melihat pembahasan tersebut dengan lengkap yang akan coba saya berikan kepada anda - anda sekalian dibawah ini.
Tata Cara Sholat Dhuha dan Bacaannya

Tata Cara Sholat Dhuha dan Bacaannya Lengkap


Pertama - tama membaca niat sholat dhuha terlebih dulu, membaca niat sholat dhuha itu sendiri cukup dilafadzkan didalam hati saja. Supaya ketika kita sholat dengan kondisi yang ramai, tidak mengganggu jamaah yang lainnya.
Setelah itu dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah dan juga suratan pendek yang sudah anda hafal, lalu dilanjutkan dengan melakukan rukuk, i'tidal, kemudian sujud, duduk diantara dua sujud, lalu sujud kembali, dan bangkit untuk mengerjakan rakaat yang kedua.
Pada rakaat yang kedua juga masih sama membaca kembali surat Al Fatihah dan suratan pendek, dan kembali mengerjakan rukuk sama seperti pada rakaat yang pertama sampai sujud setelah duduk diantara dua sujud, kemudian bangkit dan duduk posisi tahiyat akhir dan membaca doa tahiyat akhir lalu salam dua kali.

Bacaan Surat Sholat Dhuha Yang Baik


Didalam mengerjakan sholat dhuha juga terdapat beberapa bacaan surat yang sebaiknya dibacakan pada saat mengerjakan sholat dhuha, dimana beberapa bacaan sholat dhuha yang sebaiknya dibacakan ketika mengerjakan sholat dhuha diantaranya adalah :
  • Surat Al Waqi'ah
  • Surat Asy Syams
  • Surat Ad Duha
  • Surat Al Kafirun
  • Surat Quraisy
  • Surat Al Ikhlas

Namun bacaan surat sholat dhuha yang sunnahkan ketika mengerjakan sholat dhuha ialah membaca surat Asy Syams yang dapat dibacakan pada rakaat yang pertama, sedangkan untuk rakaat yang kedua disunahkan untuk membaca surat Ad Duha. Dan untuk anda yang mungkin ingin mengerjakan sholat dhuha lebih dari 2 rakaat, maka pada rakaat berikutnya dapat membaca surat Al Kafirun. Dan dilanjutkan dengan membaca surat Al Ikhlas pada rakaat berikutnya.

Karena jumlah rakaat sholat dhuha dapat dikerjakan sampai 12 rakaat dengan cara mengerjakan sekali salam dalam 2 rakaat, sehingga bagi anda yang ingin mengerjakaan sholat dhuha lebih dari 2 rakaat. Anda tinggal memilih bacaan surat sholat dhuha yang telah disunnahkan untuk dibaca ketika mengerjakan sholat dhuha tersebut. Dan dengan ini selesai sudah untuk pembahasan tentang Tata Cara Sholat Dhuha dan Bacaannya Lengkap yang sekiranya saya dapat berikan.

Mudah - mudahan saja dari sedikit penjelasan tentang cara mengerjakan sholat dhuha yang baru saja saya sampaikan diatas tadi itu dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi anda seputar tata cara sholat sunnah. Dan bagi anda yang mungkin merasa ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya seputar sholat dhuha, maka anda masih bisa kembali untuk baca juga Doa Selesai Sholat Dhuha yang beberapa waktu lalu baru saya berikan.

Barang kali saja diantara anda - anda ini ada yang merasa ingin mengetahui bagaimana bacaan doa setelah sholat dhuha, maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba kembali melihat pembahasan tentang sholat sunnah yang sudah pernah saya berikan. Ataupun untuk anda yang mungkin merasa sudah mengetahui akan pembahasan tersebut, maka silahkan bagi anda untuk mencoba kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya dari saya yang sudah pernah diberikan sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar