Jumat, 27 Oktober 2017

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Yang Benar Lengkap

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha - Pada kesempatan sekarang ini, saya akan kembali mencoba untuk membahas tentang sholat sunnah. Adapun untuk pembahasan tentang sholat sunnah yang akan coba saya berikan untuk sekarang ini adalah pembahasan tentang Tata Cara Sholat Taubat Nasuha. Sholat taubat nasuha sendiri adalah salah satu dari sholat sunnah yang dikerjakan ketika seorang muslim merasa diri ingin bertobat dari suatu kesalahan yang telah dilakukannya.

Misalkan, seseorang melakukan sholat taubat nasuha karena mencuri, sholat taubat nasuha karena zina, dan yang lain - lainnya. Pengertian taubat nasuha sendiri adalah taubat yang dilakukan dengan cara bersungguh - sungguh dan berjanji untuk tidak melakukan kesalahannya lagi. Sehingga bagi para umat muslim yang ingin mengerjakan sholat taubat nasuha, maka harus dilakukan secara bersungguh - sungguh agar taubat yang dilakukan dapat diterima Allah SWT.

Ada sebuah hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib r.a. yang mengatakan :"Ak mendengar Rasulullah SAW bersabda :"Tidaklah seseorang melakukan dosa kemudian dia bersuci (wudhu) dan sholat lalu memohon ampun kepada Allah, melainkan Allah akan mengampuni dosanya, dia kemudian membacakan firman Allah QS. Ali Imran ayat 135." (HR. At Tirmidzi, Abu Dawud, dan dihasnahkan oleh Al Albani)

Dari penjelasan hadits diatas, apabila seorang muslim melakukan sebuah kesalahan dan langsung mengakui kesalahannya tersebut dan sesegera mungkin mengerjakan sholat, kemudian memohon ampun dengan sungguh - sungguh. Maka tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk diampuni dosanya oleh Allah SWT. Adapun untuk anda yang ingin mengerjakan sholat tabuat nasuha namun masih belum mengetahui bagaimana tata cara sholat taubat nasuha.

Maka sekarang ini anda sedang berada pada tempat yang tepat, karena anda dapat melihat penjelasan mengenai tata cara sholat tabuat nasuha secara lengkap yang akan coba saya berikan untuk hari ini kepada anda. Sehingga bagi anda yang merasa masih belum mengetahui bagaimana cara mengerjakan sholat taubat nasuha itu akan dapat mengetahuinya. Adapun untuk anda yang kiranya sudah merasa ingin segera mengetahui bagaimana cara mengerjakan sholat taubat nasuha dengan lengkap, maka langsung saja anda melihatnya dibawah ini.

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Yang Benar


Cara mengerjakan sholat taubat nasuha sebenarnya secara umum sama dengan tata cara sholat pada umumnya, dimana pertama - tama membaca niat sholat taubat terlebih dulu seperti berikut ini "USHALLI SUNNATAT TAUBATI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA. ALLAAHU AKBAR ”. Atau dalam Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut :“Aku Niat Shalat Sunah Taubat dua Raka’at karena Alloh Ta’ala, Alloh Maha Besar ”.

Setelah itu dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah yang dilanjutkan dengan membaca suratan pendek yang sudah anda hafal, namun alangkah baiknya apabila suratan pendek yang dibaca pada rakaat pertama adalah surat Al Kafiruun. Sedangkan untuk suratan pendek yang dibacakan pada rakaat kedua adalah surat Al Ikhlas. Namun untuk suratan - suratan pendek sholat lainnya juga masih tetap bisa dibacakan.

Setelah selesai membaca suratan pendek, maka selanjutnya melakukan rukuk, yang dilanjutkan dengan i'tidal, kemudian sujud serta duduk diantara dua sujud, kemudian sujud kembali. Setelah itu bangkit untuk mengerjakan rakaat yang kedua. Lakukan hal yang sama seperti pada rakaat pertama sampai dengan sujud yang kedua, setelah itu duduk tahiyat akhir dan melakukan salam dua kali.

pada saat selesai mengerjakan sholat taubat nasuha, perbanyaklah berdzikir dengan membaca Istighfar, Tahlil dan juga Shalawat. Bisa ditambahkan dengan membaca dizikir - dzikir yang biasa anda bacakan setelah sholat, setelah itu dilanjutkan dengan memanjatkan doa memohon ampun atas kesalahan yang telah dilakukan dengan bersunggun - sungguh hanya karena Allah SWT dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Insya Allah, atas seizin Allah SWT dosa yang telah dilakukan akan diampuni. Dan dengan ini selesai sudah untuk pembahasan mengenai Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Yang Benar Lengkap yang sekiranya saya dapat memberikannya untuk anda - anda semuanya hari ini. Apabila diantara anda - anda sekalian ini mungkin ada yang merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi yang sudah pernah saya berikan sebelumnya.

Mungkin anda akan tertarik untuk membaca juga Doa Setelah Sholat Istikharah yang beberapa waktu lalu baru saja saya berikan, barangkali saja ada diantara anda ini yang sedang mencari - cari pembahasan tentang doa sesudah sholat istikharah. Maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba kembali melihat pembahasan yang sudah pernah saya berikan pada kesempatan sebelumnya itu.

Namun untuk anda yang mungkin merasa sudah mengetahui akan pembahasan tersebut, maka silahkan bagi anda untuk kembali mencoba melihat-lihat lagi beberapa pembahasan lainnya masih seputar sholat yang sudah pernah saya berikan sebelumnya. Siapa tahu saja dari beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya berikan tersebut ada yang sesuai dengan pembahasan yang memang sedang dicari - cari oleh anda.

0 komentar:

Posting Komentar