Jumat, 17 November 2017

Inilah Batas Waktu Sholat Dhuha Secara Lengkap

Batas Waktu Sholat Dhuha - Hari ini saya akan mencoba kembali untuk memberikan penjelasan tentang sholat sunnah dhuha, adapun untuk pembahasan mengenai sholat sunnah dhuha yang akan saya jelaskan untuk hari ini adalah batas waktu sholat dhuha. Sholat dhuha sendiri adalah sholat sunnah yang dikerjakan seorang muslim pada saat waktu dhuha, dengan jumlah rakaat sholat dhuha sendiri adalah 2 sampai dengan 12 rakaat.

Cara mengerjakan sholat dhuha 12 rakaat sendiri dikerjakan bertahap setiap dua rakaat salam, layaknya mengerjakan sholat sunnah yang lainnya yang jumlahnya lebih dari dua rakaat. Sama halnya dengan sholat sunnah yang lainnya, sholat dhuha itu sendiri juga banyak memiliki manfaat. Beberapa manfaat sholat dhuha itu sendiri diantaranya adalah melapangkan dada bagi mereka yang mengerjakannya, terutama dalam hal rezeki.

Selain itu, manfaat sholat dhuha lainnya adalah akan dibuatkan istana disurga sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut :"Barangsiapa sholat dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah) Selain itu juga terdapat hadits yang artinya :"Barang siapa yang mengerjakan sholat dhuha dengan langgeng, maka akan diampuni dosanya oleh Allah SWT, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan." (HR. Tirmidzi)

Sedangkan untuk tata cara sholat sholat dhuha sendiri sama dengan tata cara sholat pada umumnya, dimana pertama - tama membaca niat sholat dhuha terlebih dulu. Kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah dan seterusnya sampai duduk tahiyat akhir dan salam dua kali. Dan bagi anda yang ingin mengerjakan sholat sunnah dhuha, akan tetapi anda masih belum mengetahui waktu sholat dhuha itu sendiri.

Maka anda harus melihat dahulu penjelasan mengenai batas waktu sholat dhuha yang hari ini akan saya berikan untuk anda, dengan anda melihat terlebih dulu pembahasan akan batas waktu sholat dhuha ini. Maka anda akan dapat mengetahui kapan waktu sholat dhuha yang tepat, karena sholat sunnah yang satu ini tidak sama seperti beberapa sholat sunnah lainnya yang dapat dikerjakan pada waktu kapan saja terkecuali pada waktu yang diharamkan untuk sholat.

Batas Waktu Sholat Dhuha

Batas Waktu Sholat Dhuha Secara Lengkap


Waktu dhuha itu sendiri dimulai pada saat matahari naik kurang lebih 7 hasta sejak terbit atau kira - kira pukul tujuh pagi, dengan batas waktu sholat dhuha sendiri adalah sampai masuknya waktu sholat dzuhur. Hal tersebut telah diterangkan dalam sebuah hadits dari Zaid bin Arqam mengatakan:"Nabi Muhammad SAW keluar ke penduduk Quba dan mereka sedang sholat dhuha." Beliau pun besabda :"Sholat dhuha atau Sholat Awwabin berakhir sampai panas menyengat atau tengah hari." (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi)

Dan bagi anda yang ingin mengerjakan sholat sunnah dhuha ini, maka anda dapat mengerjakannya mulai dari pukul 7 pagi sampai batas waktu sholat dhuha tengah hari atau masuk waktu sholat dzuhur. Dan alangkah baiknya apabila anda mengerjakan sholat sunnah dhuha ini ketika anda selesai berdzikir ataupun beriktikaf yang dimulai dari selesai sholat subuh, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan sholat dhuha 12 rakaat. Maka segala kebutuhan anda disore hari Insya Allah akan dipenuhi oleh Allah SWT serta diampuni dosa - dosanya.

Sebagaimana hadits riwayat :"Barangsiapa yang masih berdiam diri dimasjid ataupun tempat sholatnya setelah sholat subuh karena membaca dzikir ataupun melakukan iktikaf, kemudian mengerjakan dua belas rakaat sholat dhuha disertai tidak berkata sesuatu kecuali kebaikan, maka dosa - dosanya akan diampuni meskipun banyaknya melebihi buih dilautan." (HR. Abu Daud)

Dengan ini selesai sudah untuk pembahasan mengenai Inilah Batas Waktu Sholat Dhuha Secara Lengkap yang sekiranya saya dapat berikan kepada anda, mudah - mudahan saja dari sedikit pembahasan mengenai sholat sunnah dhuha yang baru saja saya bahas diatas tadi semoga saja dapat memberikan banyak manfaat. Dan bagi anda yang mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya yang masih berhubungan dengan sholat dhuha.

Maka saya coba sarankan kepada anda untuk baca juga Doa Selesai Sholat Dhuha, barang kali saja diantara anda - anda ini ada yang merasa sedang mencari - cari pembahasan akan doa setelah sholat dhuha. Maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda yang sedang mencarinya kembali melihat pembahasan yang sudah pernah saya berikan sebelumnya, siapa tahu saja pembahasan tersebut dapat membantu anda - anda sekalian.

0 komentar:

Posting Komentar