Selasa, 14 November 2017

Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar Dalam Islam

Sholat Tahajud Yang Benar - Kembail lagi pada kesempatan sekarang ini saya mencoba memberikan pembahasan tentang sholat sunnah tahajud, dimana untuk pembahasan tentang sholat sunnah tahajud yang sekarang ini akan coba saya berikan adalah pembahasan mengenai Tatat Cara Sholat Tahajud Yang Benar. Sholat tahajud atau dikenal juga dengan sebutan sholat malam adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari sesudah terjaga dari tidur.

Hukum sholat tahajud sendiri adalah sunnah mu'akad ataupun sunnah yang diperkuat oleh syara', sehingga sangat diutamakan apabila mengerjakan sholat sunnah malam ini. Dengan jumlah rakaat sholat tahajud yang dapat dikerjakan adalah dua rakaat untuk jumlah rakaat minimumnya dan jumlah maksimalnya sendiri tidak terbatas, sehingga anda dapat mengerjakan jumlah rakaat sholat tahajud sesuai dengan kemampuan masing - masing saja.

Perintah mengerjakan sholat tahajud sendiri sudah diterangkan dalam Al Qur'an, yang diantaranya adalah firman Allah SWT yang artinya :"Dan pada sebagian malam hari, sholat tahajudlah km sebagai ibadah tambahan bagimu, mudah - mudahan Tuham-mu mengangkatmu ketempat yang terpuji." (QS. Al Isra ayat 79) Selain itu juga terdapat firman Allah SWT yang artinya :"Dan orang - orang yg melalui malam dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka." (QS. Al Furqan ayat 64)

Perintah diatas itu ditujukan secara khusus kepada Nabi Muhammad SAW, akan tetapi hal tersebut juga mengacu kepada seluruh umat muslim. Karena Nabi Muhammad SAW merupakan teladan yang sempurna serta panduan bagi para umat muslim dalam segala hal. Selain itu, mengerjakan sholat malam atau sholat tahajud secara rutin juga akan memenuhi syarat menjadi salah satu dari orang - orang yang benar serta orang yang akan mendapat karunia dan kemurahan Allah SWT.

Bagi anda yang mungkin merasa ingin mengerjakan sholat tahajud, akan tetapi anda masih belum mengetahui cara mengerjakan sholat tahajud yang benar. Maka sekarang ini anda dapat melihat tata cara sholat tahajud yang benar yang akan saya berikan untuk sekarang ini, sehingga bagi anda yang masih belum mengetahui bagaimana cara mengerjakan sholat tahajud yang benar akan dapat mengetahuinya secara lengkap dan jelas.

Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar

Tata Cara Mengerjakan Sholat Tahajud Yang Benar


  • Pertama - tama membaca niat sholat tahajud terlebih dulu, dalam hal membaca niat sholat tahajud ini cukup diucapkan didalam hati saja, tidak perlu diucapkan secara lantang atau keras.
  • Setelah itu melakukan takbiratul ihram dan dilanjutkan membaca surat Al Fatihah serta suratan pendek Al Qur'an, berikutnya melakukan rukuk' yang dilanjutkan dengan i'tidal setelahnya.
  • Berikutnya mengerjakan sujud, kemudian duduk diantara dua sujud, lantas sujud kembali dan duduk sebentar untuk istirahat lalu berdiri untuk melanjutkan mengerjakan rakaat yang kedua.
  • Pada rakaat yang kedua juga sama persis seperti pada rakaat yang pertama yaitu membaca surat Al Fatihah kembali kemudian dilanjutkan dengan membaca suratan pendek Al Qur'an.
  • Setelah itu mengerjakan rukuk', i'tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, kemudian sujud kembali dan duduk tahiyat akhir dan membaca doa tahiyat akhir. Lantas ditutup dengan dua kali salam.

 
Bagi anda yang ingin mengerjakan sholat tahajud lebih dari dua rakaat, maka anda dapat mengerjakan sholat tahajud dengan cara sekali salam setiap dua rakaat. Sama dengan tata cara sholat sunnah lainnya yang jumlah rakaatnya banyak, seperti misalnya Sholat Dhuha dan Sholat Tarawih. Dan jangan lupa pula bagi anda yang sudah mengerjakan sholat sunnah tahajud ini membaca dzikir setelah sholat tahajud dan doa sesudah sholat tahajud.

Agar sholat malam yang anda kerjakan ini lebih sempurna, dan setelah itu bisa dilanjutkan dengan membaca doa yang mungkin anda sedang inginkan pada saat itu. Dan dengan ini selesai sudah untuk pembahasan yang sekiranya saya dapat berikan untuk anda. Mudah - mudahan saja dari sedikit pembahasan mengenai sholat tahajud diatas tadi dapat memberikan tambahan ilmu bagi anda seputar cara mengerjakan sholat sunnah.

Adapun bagi anda yang mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi yang mungkin saja sekarang ini masih belum anda ketahui, maka silahkan saja bagi anda untuk mencoba kembali membaca beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya berikan juga sebelumnya. Siapa tahu saja dari beberapa pembahasan yang sudah pernah saya berikan tersebut akan ada yang sesuaidengan pembahasan yang sedang dicari oleh anda.

0 komentar:

Posting Komentar