Rabu, 22 November 2017

Syarat - Syarat Sholat Tahajud Yang Sah Menurut Islam

Syarat Sholat Tahajud - Kembali lagi pada kesempatan ini saya ingin membagikan penjelasan tentang sholat sunnah kepada anda - anda sekalian, adapun untuk pembahasan mengenai sholat sunnah yang ingin saya coba sampaikan kepada anda hari ini adalah Syarat Sholat Tahajud Yang Sah. Anda - anda sekalian semuanya pasti sudah mengetahui pengertian sholat tahajud itu sendiri, dimana pengertian sholat tahajud ialah sholat sunnah yang dikerjakan ketika malam hari.

Sholat sunnah tahajud juga termasuk sholat sunnah mu'akad atau sholat yang diperkuat oleh syara', dan hal tersebut juga telah diterangkan didalam Al Qur'an sebagai perintah terhadap Nabi Muhammad SAW yang artinya :"Dan pd sebagian malam hari, sholat tahajudlah kamu sebagaimana ibadah tambahan bagimu, mudah - mudahan Tuham-mu akan mengangkat kamu ketempat yg terpuji." (QS. Al Isra ayat 79)

Firman Allah SWT diatas diperintahkan secara khusus untuk Nabi Muhammad SAW, akan tetapi hal tersebut juga mengcau kepada seluruh umat muslim. Karena Nabi Muhammad SAW merupakan contoh atau teladan yang sempurna serta menjadi panduan bagi para umat muslim. Selain hal tersebut, mengerjakan sholat tahajud secara teratur juga menjadi salah satu syarat orang - orang benar serta orang yang akan mendapatkan kemurahan serta karunia Allah SWT.

Sehingga akan sangat baik apabila mengerjakan sholat sunnah tahajud ini secara rutin setiap harinya. Meskipun banyak orang yang mengerjakan sholat tahajud ketika mereka sedang memiliki sebuah keinginan atau hajat. Hal tersebut memang tidak disalahkan, karena memang salah satu keistimewaan sholat tahajud itu sendiri adalah sarana terkabulnya doa. Sehingga banyak orang yang mengerjakan sholat sunnah tahajud ketika sedang memiliki hajat yang sedang diinginkan.

Akan tetapi, mengerjakan sholat sunnah tahajud akan lebih baik jika dikerjakan secara rutin setiap harinya, karena bagi mereka yang mengerjakan sholat tahajud secara rutin akan lebih banyak mendapatkan keistimewaan sholat tahajud itu sendiri. Dan bagi anda yang sekiranya ingin mengerjakan sholat sunnah tahajud, maka anda harus memenuhi syarat - syarat sholat tahajud terlebih dulu. Supaya sholat tahajud yang anda kerjakan itu sah.

Syarat - Syarat Sholat Tahajud Yang Sah


Dalam ajaran Islam, setiap hal yang dikerjakan itu terdapat syarat - syarat yang harus dipenuhi. Seperti contohnya syarat sah sholat itu salah satunya ialah harus suci dari hadas, ketika seseorang mengerjakan sholat namun masih memiliki hadas yang belum disucikan, maka sholat yang dikerjakan tidaklah sah. Sama halnya dengan syarat sah sholat, sholat sunnah tahajud juga memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi supaya sholat yang dikerjakan menjadi sah.

Dan bagi anda - anda sekalian yang masih belum mengetahui apa saja syarat sholat tahajud itu sendiri, maka silahkan bagi anda untuk langsung saja melihat secara lengkap syarat - syarat sholat tahajud yang akan saya sajikan berikut ini. Agar anda yang ingin mengerjakan sholat tahajud itu sendiri bisa mengerjakan sholat tahajud sesuai dengan syarat sholat tahajud yang telah ditentukan dan diperintahkan Allah SWT.

Syarat - Syarat Sholat Tahajud Yang Sah

  • Dikerjakan malam hari. (Lebih utama sepertiga malam akhir)
  • Terjaga atau terbangun setelah tidur.
  • Memenuhi Rukun Sholat Tahajud.

Dikerjakan malam hari, seperti yang telah diterangkan dalam pengertian sholat tahajud, jika sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari dan waktu sholat tahajud yang paling utama adalah pada waktu sepertiga malam yang terakhir. Karena hal tersebut pulalah, sholat tahajud ini dikenal juga dengan sebutan sholat malam.

Terjaga atau terbangun setelah tidur, syarat sholat tahajud tersebut sudah diterangkan dalam Al Qur'an dan Hadits yang menerangkan jika Allah SWT memerintahkan Nabi Muhammad dan para umatnya untuk beribadah dimalam hari atau melalui malam dengan beribadah (Sholat Tahajud). Hal tersebut telah diterangkan dalam Al Qur'an surat Al Isra 17:79 dan juga surat Al Furqan 25:64.

Memenuhi rukun sholat tahajud, adapun untuk syarat sholat tahajud yang terakhir ialah memenuhi rukun sholat tahajud, untuk syarat sholat tahajud yang terakhir ini mungkin termasuk salah satu syarat sah sholat. Karena memang didalam rukun sholat tahajud ini sama persis seperti rukun sholat secara umum.

Dan menurut saya sudah cukup sekian saja dulu untuk penjelasan tentang Syarat Sholat Tahajud Yang Sah Menurut Islam untuk sekarang ini, mudah - mudahan saja dari sedikit penjelasan tentang sholat sunnah tahajud yang baru saja saya bagikan diatas tadi ini dapat memberikan banyak manfaat bagi anda - anda sekalian. Dan mohon dimaafkan apabila ada kata - kata yang mungkin kurang sesuai atau bahkan salah.

Sedangkan untuk anda yang mungkin merasa ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi yang masih berhubungan dengan sholat sunnah tahajud, maka silahkan bagi anda untuk kembali baca juga Tata Cara Sholat Tahajud yang beberapa waktu lalu sudah pernah saya berikan. Barang kali saja ada diantara anda yang lupa atau bahkan belum mengetahui bagaimana tata cara sholat tahajud itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar