Senin, 13 November 2017

Tata Cara Sholat Tasbih Yang Benar Menurut Islam

Tata Cara Sholat Tasbih - Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memberikan penjelasan tentang tata cara sholat sunnah. Adapun untuk tata cara sholat sunnah yang akan coba saya jelaskan kepada anda hari ini adalah tata cara sholat tasbih. Sholat tasbih sendiri adalah salah satu sholat sunnah yang didalam pengerjaannya membaca kalimat tasbih yaitu "Subhanallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar".

Jumlah kalimat tasbih yang dibacakan didalam sholat sunnah tasbih berjumlah 300 kali, dengan jumlah rakaat sholat tasbih itu sendiri adalah 4 rakaat. Sehingga pada setiap rakaat membaca kalimat tasbih sebanyak 75 kali. Hikmah sholat tasbih sendiri ialah dapat mencegah perbuatan keju serta kemungkaran, hal tersebut tentunya jika sholat sunnah tasbih ini dikerjakan dengan hati yang ikhlas. Sehingga diharapkan dapat mencegah seseorang terjaga atau dijaga dari perbuatan - perbuatan yang keji serta mungkar.

Hukum sholat tasbih sendiri adalah sunnah, Rasulullah SAW sendiri menganjurkan untuk mengerjakan sholat sunnah tasbih ini setiap hari. Namun bagi yang kurang mampu untuk mengerjakan sholat tasbih ini setiap hari, maka dapat dikerjakan dalam waktu satu minggu sekali, satu bulan sekali, atau bahkan satu tahun sekali. Atau paling tidak setiap umat muslim itu pernah mengerjakan sholat sunnah tasbih satu kali dalam seumur hidupnya.

Adapun untuk anda yang sekiranya merasa ingin mengerjakan sholat sunnah hajat, namun anda masih belum mengetahui bagaimana tata cara sholat tasbih itu sendiri. Maka sekarang ini anda - anda sekalian sedang berada pada tempat yang tepat, karena anda dapat melihat cara mengerjakan sholat tasbih pada pembahasan yang akan saya berikan untuk sekarang ini. Sehingga bagi anda yang sekiranya merasa belum mengetahui cara mengerjakan sholat tasbih akan dapat mengetahuinya dengan lengkap.

Bagi anda yang mungkin merasa sudah ingin segera mengetahui bagaimana tata cara sholat tasbih itu sendiri dengan lengkap, maka anda bisa langsung saja melihat cara mengerjakan sholat tasbih tersebut dengan lengkap bersama - sama dengan saya dibawah ini. Sehingga untuk anda yang memang sekiranya ingin mengerjakan sholat sunnah tasbih ini akan dapat mengerjakannya setelah anda mengetahui tata cara sholat tasbih tersebut.
Tata Cara Sholat Tasbih

Tata Cara Sholat Tasbih Yang Benar


Cara mengerjakan sholat tasbih secara umum sama halnya dengan tata cara sholat pada umumnya, dimana membaca niat sholat terlebih dulu. Karena akan mengerjakan sholat sunnah tasbih, maka hal pertama - tama yang harus dilakukan adalah membaca niat sholat tasbih terlebih dulu. Untuk cara membaca niat sholat tasbih itu sendiri cukup diucapkan didalam hati saja, tidak perlu dilafadzkan dengan lantang. Karena memang tidak ada hadits yang meriwayatkan harus membaca niat sholat dengan lentang atau keras, yang terpenting niat didalam hatinya.

Setelah membaca niat sholat tasbih, maka selanjutnya membaca surat Al Fatihah dan dilanjutkan dengan membaca suratan pendek dan seterusnya sampai dengan membaca doa tahiyat akhir, dengan jumlah rakaat yang dikerjakan adalah 4 rakaat. Akan tetapi pada setiap akhir gerakan - gerakan sholat itu disisipi dengan bacaan kalimat tasbih. Untuk lebih lengkapnya, maka silahkan bagi anda untuk melihat waktu membaca kalimat tasbih dalam sholat tasbih berikut ini.

Waktu Membaca Kalimat Tasbih Jumlah Kalimat Tasbih
Sesudah membaca surat Al Fatihah serta suratan pendek ketika berdiri 15 kali
Sesudah ruku (Subhana rabiyyal adzim...) namun belum bangkit 10 kali
Sesudah i'tidal 10 kali
Sesudah sujud yang pertama (Subhana rabiyyal a'la...) 10 kali
Sesudah duduk diantara dua sujud 10 kali
Sesudah sujud yang kedua (Subhana rabiyyal a'la...) 10 kali
Sesudah duduk sebelum berdiri setelah sujud yang kedua (atau sebelum salam tergantung pada rakaat yang ke berapa) 10 kali
Jumlah Total Kalimat Tasbih Per Rakaat 75 kali

Dan kami rasa sudah cukup sekian saja dulu untuk pembahasan mengenai Tata Cara Sholat Tasbih Yang Benar Menurut Islam, semoga saja dari sedikit pembahasan mengenai cara sholat tasbih yang baru saja saya berikan diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat bagi anda. Adapun untuk anda yang sekiranya mungkin merasa masih ingin mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi yang berhubungan dengan sholat sunnah.

Maka silahkan bagi anda untuk kembali baca juga Niat Sholat Hajat yang beberapa waktu lalu baru saja saya berikan, siapa tahu saja ada diantara anda yang sedang mencari - cari bacaan niat shalat hajat. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba kembali melihat pembahasan yang sudah pernah saya berikan sebelumnya itu. Atau untuk anda yang sekiranya mungkin merasa sudah mengetahui akan pembahasan tersebut.

Mungkin ada baiknya apabila anda mencoba kembali melihat-lihat pembahasan lainnya lagi yang sudah pernah saya berikan sebelumnya, siapa tahu saja salah satu dari beberapa pembahasan yang sudah pernah saya berikan sebelumnya itu akan ada yang sesuai dengan pembahasan yang memang sedang dicari - cari oleh anda. Atau mungkin juga anda dapat mencoba untuk menunggu update pembahasan terbaru yang akan terus coba saya perbarui untuk setiap harinya.

0 komentar:

Posting Komentar